Untuk Apa Kita Belajar ?


Camellia Nur Al-Jawy

Banyak orang bertanya untuk apa kita belajar? Pertanyaan tersebut pun aku pegang sampai saat ini. Dan aku sedang berusaha merangkai kata untuk
dijadikan jawaban yang bisa memenuhi tuntutan pertanyaan itu.
            Baiklah, untuk apa kita belajar?
  1. Belajar adalah proses mengisi diri dengan ilmu pengetahuan yang awalnya tidak kita tahu menjadi tahu. Belajar tidak mesti dengan membaca buku, belajar tidak harus di sekolah, belajar tidak harus dengan identitas pendidikan. Termasuk memahami keadaan adalah belajar. Jadi, belajar adalah suatu proses pembekalan diri untuk menjadikan sesuatu yang awalnya tidak ditahu menjadi tahu.
  2. Tujuan belajar bermacam-macam. Sejatinya manusia tak pernah lepas dari kegiatan belajar. Setiap orang sejatinya selalu belajar. Hanya saja intensitas dan kualitas belajar setiap orang itu yang berbeda dan tentunyapun akan menghasilkan output yang berbeda pula.
Begini contohnya : seorang pelajar teladan tak akan melewatkan waktunya begitu saja tanpa ada pengetahuan baru yang ia pahami. Ia akan terus belajar dengan intensitas yang maksimal sesuai dengan kemampuannya. Dan tentunya kualitas hal-hal yang ia pelajaripun bukan kualitas level bawah. Ia akan mencari pengetahuan dengan kualitas maksimal pula. Namun lain halnya dengan seorang pelajar yang hanya berstatus pelajar tanpa berusaha mengisi waktunya untuk membekali dirinya dengan ilmu pengetahuan. Pelajar yang hanya berstatus pelajar saja tanpa memaksimalkan perannya akan bermalas-malasan dan tanpa merasa rugi ia melewatkan waktunya begitu saja tanpa ada pengetahuan berkualitas yang ia pahami. Intensitas belajarnya adalah rata-rata menengah kebawah. Ia hanya hanyut dalam zona nyamannya dan tidak sadar bahwa waktunya terbuang sia-sia.
  1. Termasuk objek  yang dipelajari pun tak terhitung jumlah dan macamnya. Bahkan dalam bidang dan lingkup yang samapun terdapat banyak hal berbeda yang dipelajari oleh orang yang berbeda. Itulah bukti ke-Maha Sempurna-an Allah yang menjadikan manusia beragam. Pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang pasti berbeda dengan pengetahuan orang lain. Dan dengan perbedaan itu manusia saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya.
Jadi, sebenarnya untuk apa kita mesti belajar? Jika kita pahami dari uraian diatas, maka belajar adalah untuk membekali diri dengan ilmu pengetahuan, untuk menjadi manusia yang berkualitas, dan saling berbagi pengetahuan sesama manusia.


Romang Polong, 26 February 2019
Camellia Nur Al-Jawy


Subscribe to receive free email updates: