GenBI WCD (World CleadUp Day)



Generasi Baru Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan World Cleanup Day 2019 yang dilaksanakan serentak seluruh kab/kota di Indonesia dan di Dunia, kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu (21/09/19) di Pasar Induk Minasamaupa.

Kegitan ini diikuti berbagai kalangan Pemerintah, instansi dan hingga kalangan masyarakat di kab. Gowa, yang jika di kab. Gowa yang menjadi koordinator adalah "Komunitas Peduli Gowa". Ini karena sampah adalah limbah sisa dari aktivitas konsumsi manusia. Dalam beberapa tahun belakangan, masyarakat Indonesia mengalami peningkatan tren konsumsi yang ditandai dengan meningkatnya jumlah limbah plastik khususnya yang sekali pakai, seperti kantung plastik, kemasan plastik makanan dan minuman, sedotan, dan lain-lain. Sementara plastik adalah bahan yang tidak mudah terurai.



Bahayanya plastik-plastik telah menyebar kemana-mana sebab ulah tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab seperti buang sampah sembarangan. Habitat kemudian tercemar, binatang makan sampah dan terjangkit penyakit kronis hingfa akhirnya mati, serta tanaman-tanaman yg sulit tumbuh di tanah yang telah tercemar. Hal ini telah lama kita perbincangkan, tapi tak pernah kita sadari.

Untuk itu kita perlu langkah nyata untuk mencegah dan menyetop kerusakan semakin parah. Melalui salah satu langkah rehabilitasi lingkungan pada World CleanUp Day. Perlu diketahui, WCD bukan lah hari khusus membersihkan, karena tentu tak cukup satu hari saja untuk kita bersih-bersih. WCD ini membawa pesan ajakan kepada kita semua untuk bersikap proaktif untuk selalu menjaga lingkungan kita dalam bentuk apapun, dimulai dari "sustainabilitymindset" yang menjadi pertimbangan oleh kita dalam setiap aktivitas kita, apa saja yg akan memberikan dampak negatif terhadap lingkungan. Mari jaga lingkungan kita.

---------------------
Penulis : Allieppu & M.AB

Subscribe to receive free email updates: