Pelatihan Penerapan Standar Akuntansi Pada Kelompok UMKM di Kota Makassar


Dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar mengadakan Program Kemitraan Masyarakat  2019 Dengan  judul  Pelatihan Penerapan Standar Akuntansi Pada Kelompok UMKM di Kota Makassar


Kegiatan ini dilaksanakan ibu Hj. Masnawaty S, S.E., M.Si., Ph.D. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan benteng dalam perekonomian Indonesia. Khususnya keterkaitan antara perkembangan UMKM dengan perekonomian di Indonesia. Peningkatan tersebut tidak jauh dari peran faktor internal dari setiap UMKM. Faktor internal yang mempengaruhi adalah penyusunan laporan keuangan. Laporan keuangan adalah komponen vital untuk memperoleh informasi mengenai posisi keuangan UMKM dan hasil usaha yang dicapai oleh suatu UMKM yang dilaporkan setiap akhir periode sebagai laporan pertanggung jawaban Pada UMKM.


Dapat dilihat juga bahwa rendahnya penggunaan dan pemahaman terhadap Standar Akuntansi Keuangan (SAK), Keterbatasan pengetahuan pembukuan akuntansi, rumitnya proses akuntansi, dan anggapan bahwa laporan keuangan bukanlah hal yang penting bagi UMKM.

Dilihat dari kejadian seperti diatas Dosen Program Studi Akuntansi Mengadakan Pelatihan Standar Akuntansi pada kelompok UMKM. Harapnya "dengan adanya Pelatihan ini memberikan kemudahan pada UMKM dalam menyusun laporan keuangannya dan dalam menyelesaikan masalah internal pada UMKM.


Menurut salah satu pemilik UMKM mengatakan bahwa pelatihan sangat menarik karena dapat membantu salam menyusun laporan keuangan pada UMKM. Harapnya semoga pelatihan mempunyai keberlanjutan yang konsisten agara para pemilik UMKM dapat memahami secara berkepanjangan.


--------------------------
penulis:
Deddy Ibrahim Rauf

Subscribe to receive free email updates: