Dosen PGSD FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR mengadakan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Bagi guru-guru di SD INPRES PANDANG-PANDANG KABUPATEN GOWA.


Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dosen PGSD FKIP UNISMUH MAKASSAR yakni Ibu Ade Irma Suriani, S.Pd, M.Pd. dan Kristiawati, S.Pd., M.Pd.

Pelatihan ini diharapkan dapat menguatkan kembali penulisan karya ilmiah dalam hal ini spesifik kepada penelitian tindakan kelas (PTK).

Para peserta (guru-guru sd pandang-pandang) diharapkan mampu merumuskan masalah dari fenomena yang  di identifikasi dalam ruang lingkup kelas yang dikelolanya. Guru-guru diharapkan bisa memberikan tindakan dari masalah yang dihadapi untuk mencapai pembelajaran yang maksimal.

Menurut salah satu pemateri, kesulitan yang dihadapi dalam penulisan PTK yakni ketidakmampuan merumuskan latar belakang yang baik dimanadidalamnya berisi fenomena, identifikasi masalah dan fokus masalah. Sehingga sangat penting bagi guru memahami sistematika PTK.


Persoalan utama yang sering muncul dalam PTK adalah merumuskan judul lebih awal kemudian mencocokkan dengan permasalahan yang ada, ibaratnya meracik obat lebih dahulu baru mencocokkan dengan penyakitnya, tentu paradigma ini keliru. PTK tentunya harus melihat dulu fenomena apa yang terjadi kemudian mengindentifikasinya. Dan selanjutnya menetapkan fokus masalah apa yang dikaji.

Menurut Ibu Ade Irma Suriani selaku Dosen yang mengadakan Pelatihan ini mengatakan bahwa Setelah mengikuti pelatihan ini guru diharapkan dapat menguasai konsep serta prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sehingga mampu dalam merencanakan, melaksanakan, dan menyusun laporan  PTK.


--------------------------
penulis:


Subscribe to receive free email updates: